Kamis, 26 November 2015

Wonderful Indonesia Jadi Branding Priwisata Indonesia

Salam Pesona Indonesia 


Wonderful 

Ini adalah salam yang diperkenalkan oleh Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementrian Pariwisata dalam acara Workshop Pesona Indonesia 26 November 2015 di Hotel Oria Jln. Wahid Hasyim Jakarta Pusat. 

Kementrian Pariwisata merupakan salah satu dari 5 leading sektor dalam pemerintahan Jokowi-JK. Branding (janji) Pariwisata Indonesia pada masyarakat dunia adalah "Wonderful Indonesia". Dengan adanya branding ini ada banyak sekali yang sudah dicapai dari penjualan pariwisata Indonesia ke manca negara. Seperti Mediterania, London, Tiongkok bahkan negara terdekat yang juga menjadi kompetitor seperti Singapura dan Malaysia. 


Namun demikian masih banyak kelemahan-kelemahan di dunia pariwisata Indonesia. Seperti misalnya ketika wisatawan datang bandara masih kotor, jalanan masih rusak. Oleh karena itu semua  pihak di Indonesia harus bersinergi untuk memajukan pariwisata Indonesia. 

Pariwisata itu bisa meningkatkan tenaga kerja. Oleh karena itu sekolah-sekola pariwisata perlu dikembangkan. Sekolah Tinggi Pariwisata saat ini sudah ada di Bandung, Bali dan Makasar. Dalam waktu dekat ini akan dibuka STP di Palembang Sumatera Selatan. 

Dengan adanya otonomi daerah kini tidak ada kanwil Pariwisata. Namun masih ada Dinas Pariwisata yang bisa menjembatani pariwisata di daerah. 

Saat ini sinergitas antar pihak belum berjalan dengan baik. Seperti misalnya pada saat terjadi bencana Gunung Raung sehingga banyak penerbangan yang delay, di bandara ada Crisis Centre. Tapi sayangnya Crisis Centre ini tidak merangkul dan berkoordinasi dengan dinas pariwisata. Higga akhirnya ketika sinergi sudah terjadi maka ASITA dan PHRI bisa berkontribusi dengan memberikan diskon dan dukungan dalam mengatasi masalah tersebut. 

2019 dicanangkan 20 juta wisatwan mancanegara yang datang ke Indonesia. Sehingga akan lebih banyak lagi income yang dihasilkan dari dunia Pariwisata untuk Indonesia. 
Reaksi:
2

2 komentar:

  1. Indonesia Negara yang luas dan kaya akan potensinya hanya mencanangkan 20 juta di tahun 2019 dri tahun sekarang ? ? ?.......

    BalasHapus