Kamis, 26 November 2015

Puteri Pariwsata Memperkenalakan Pariwisata Indonesia

Masih dari workshop Pesona Indonesia di Hotel Oria Wahid Hasyim. Kali ini bertemu dnegan 2 Puteri Pariwisata Indonesia juga pak Jhony Sugiarto dari El Jhon group. 

Sepuluh tahun yang lalu Indonesia belum memiliki Puteri Wisata. Hanya saja di setiap daerah ada seperti misalnya abang none Jakarta dan sejenisnya. Hingga akhirnya El Jhon membeli franchise Internasional sehingga ada Putri Pariwisata sehingga puteri wisata Indonesia bisa memperkenalkan wisata Indonesia ke dunia. 


Saat ini semua Putri Pariwisata dikirim ke luar Negeri atas biaya El Jhon. Ini karena tidak ada satu pun kementrian yang memberikan dukungan. Saat ini adalah tahun kedelapan. Grand Final Putri Pariwisata Indonesia akan disiarlkan langsung besok malam tanggal 28 November 2015 di Rajawali TV. 

Setiap Putri Indonesia nantinya akan diberi tanggung jawab berdasarkan kegiatan pariwisata. Seperti misalnya Putri Kuliner. Putri Marine dll. Olah raga juga bisa dijadikan objek wisata yang menarik di Indonesia. 

Menurut Jhony Sugiarto dari El Jhon, olah raga termurah di Indonesia adalah snorkeling. Sayangnya sebagian besar masyarakat Indonesia tidak terbiasa berenang. Jadi sangat disayangkan potensi wisata laut Indonesia tidak bisa dinikmati oleh tuan rumahnya sendiri. 

Masih menurut Jhony Sugiarto ada sesuatu yang salah. Indonesia sangat berpotensi dengan sumber daya laut termasuk wisata laut. Sayangnya laut sejak lama dijadikan sebagai halaman belakang rumah. Akhirnya laut menjadi kotor. Padahal jika laut dijadikan halaman depan rumah maka laut akan dijaga keindahannya. 

Berbicara soal pariwisata , jika kita tidak menjaga lingkungan maka orang hanya akan datang sekali. Jika banyak sampah di laut maka diving maupun snorkeling tidak lagi nyaman. Oleh karena itu El Jhon merasa perlu adanya miss pesona bawah laut sehingga bisa menjadi duta dalam menjaga keindahan bawah laut. Dengan demikian terumbu karang dan potensi bawah laut terus terjaga. 

Miss Eart akan berkeliling sekolah memperkenalkan program-program menjaga lingkungan. Termasuk bagaimana menghemat air dan menjaga lingkungan untuk mendukung pariwisata Indonesia. Putri Indonesia akan mensosialisasikan pariwisata dan lingkungan dengan kalangan seusia mereka. 

Keinginan wisatawan Indonesia keluar negeri salah satunya disebabkan karena kurangnya informasi destinasi wisata dalam negeri. Oleh karena itu perlu adanya sosialisasi maupun pengenalan destinasi wisata Indonesia dengan lebih banyak lagi. 

Untuk meningkatkan pariwisata Indonesia maka perlu harga wisata yang murah. Masalah promosi wisata harus go digital Jadi promosi pariwisata harus lewat media digital. Sosial media bisa jadi solusi promosi wisata. 

Menurut Pak Jhon ujung tombak wisata Indonesia ada 3 yaitu : 

  1. Indonesia punya budaya 
  2. Indonesia punya sumber daya alam
  3. Sayangnya kita punya problem yaitu akses yang masih sulit dan masih belum optimal mengelola lingkungan. 




Reaksi:
2

2 komentar: