Sabtu, 01 Agustus 2015

Tujuh Makanan Enak Di Solo


Solo itu surganya kuliner. Selain rasanya yang lezat, kuliner Solo dikenal dengan harganya yang murah meriah. Sayangnya orang hanya mengenal sego liwet sebagai makanan khas Solo. Berikut ini adalah tujuh kuliner yang enak selain sego liwet dan wajib dicoba jika berkunjung ke Solo : 


1. Selat Solo 
Bagi penggemar steak, makanan yang satu ini pantas di coba. Penampilannya mirip-mirip steak daging, hanya saja selat Solo di sajikan dengan saus encer yang mirip seperti kuah sop. 

Di dalam sepiring selat Solo terdapat  daging sapi, telur, sayuran , kripik kentang, kuah dan juga mayonaise.


2. Gempol Pleret 
Kuliner yang satu ini lebih cocok sebagai pencuci mulut. Walaupun makan semangkuk gempol plered lumayan mengenyangkan. Kuah gempol plered dibuat dari santan kelapa dan gula sehingga terasa manis dan gurih. 

Sebagai isiannya ada dua macam yaitu gempol dan plered. Gempol terbuat dari beras yang ditumbuk kasar atau seringkali disebut meniran. Beras tumbuk ini kemudian dibentuk bulat dan direbus sehingga mirip baso. 

Sedangkan plered terbuat dari terigu yang ditipiskan sehingga mirip dnegan kulit pangsit. Hanya saja bedanya dengan pangsit, plered ini rasanya manis. 


3. Cabuk Rambak 
Tidak mudah mendapatkan cabuk rambak di kota Solo. Ini karena penjual yang menjajakan cabuk rambak ini sudah sangat langka. 

Cabuk rambak merupakan ketupat yang diiris-iris kemudian disiram dengan saus kelapa yang sudah disangrai. Sebagai pelengkapnya ditambahkan rambak atau kerupuk nasi. 

4. Sate Kere 
Kuliner yang satu ini cuma ada di Solo. Ini adalah sate tempe gembus dan jeroan sapi. Gembus adalah sejenis tempe yang dibuat dari ampas tahu.

Tapi kini ada juga daging sapinya. Rasa yang dominan dari sate kere ini adalah manis, karena bahan sate dimasak dengan bumbu bacem terlebih dahulu. Setelah dibakar, sate kere ini disajikan dengan kuah kacang yang pedas. 

5. Soto Bening
Soto ini adalah jajanan yang murah meriah dan mengenyangkan di Solo. Uniknya soto yang ada di Solo ini disajikan di dalam mangkuk bersama dengan nasi. Hal ini berbeda dengan soto-soto lain yang disjaikan dengan nasi terpisah. 

Untuk menikmati soto bening ini di meja  setiap warung yang menjajakannya akan disajikan berbagai lauk pauk. Seperti misalnya tempe goreng, sate telur puyuh dll.

6. Bebek Goreng 
Jika ingin menikmati bebek goreng, maka datanglah ke Kartosuro. Karena di sini ada banyak sekali warung bebek yang enak. Masing-masing warung bebek goreng memiliki hidangan khas tersendiri. 

Ada yang menyajikan bebek goreng plus bothok mercon, bebek goreng dengan lalapan sayuran rebus, ada juga yang menyajikan bebek goreng presto. Selain bebek goreng kita juga bisa mencoba kepala bebek atau hati bebek yang dijual terpisah. 

7. Sego Kucing 
Sego kucing adalah nasi bungkus dnegan porsi kecil. Biasanya sego kucing dijual di angkringan yang ada di hampir setiap sudut kota Solo. Di dalam setiap bungkus sego kucing terdapat nasi dan juga sambal. Ada juga yang berisi nasi plus oseng-oseng. 

Sebagai lauknya kita bisa mengambil aneka lauk yang tersedia di meja angkringan. Seperti misalnya sate kerang, sate usus, sate telur puyuh, kepala ayam goreng, dll. 
Reaksi:
6

6 komentar:

  1. makanan nya aneh aneh ya mba hehehe semua makanan nya belum aku cobain deh :D kecuali bebek goreng itu yang saya suka hehehe

    BalasHapus
  2. Sungguh banyak dan bervariasi kuliner di Solo ini, mbak...Sego kucing mungkin makanan paling murah dan meriah ya mbak?

    BalasHapus
  3. Alasan sederhana disebut sego kucing adalah: karena porsinya pas buat perut si kucing, hehehe...

    BalasHapus
  4. Waah baru tau mbak ada makanan namanya Cabuk Rambak mbak. Nice info nih kalau kapan-kapan ke Solo.

    BalasHapus
  5. artikel dan informasi yang bagus gan. semoga bisa tetap eksis dan tambah menarik blognya gan.

    BalasHapus