Senin, 27 Juli 2015

Jalan-jalan Ke Jembatan Ampera


Jalan-jalan ke Palembang wajib hukumnya datang ke jembatan Ampera. Kita bisa datang ke tepian sungai Musi dan menikmati keindahan jembatan yang menjadi ikon kota Palembang ini di siang maupun malam hari. 

Hanya saja jika datang di siang hari maka kita harus siap-siap dengan terik matahari. Tapi di siang hari kita juga bisa mendatangi Pulau Kemaro yang berada di tengah-tengah sungai Musi, tidak jauh dari jembatan Ampera. Untuk bisa sampai ke Pulau Kemaro ini kita bisa naik perahu dari dermaga yang ada di bawah jembatan Ampera ini. 



Jembatan Ampera memiliki panjang 1.117 meter dengan lebar 22 meter dan tinggi 11,5 meter dari permukaan air. Jembatan seberat 944 ton ini memiliki dua buah menara dengan tinggi 63 meter dari permukaan tanah. Jarak antar menara adalah 75 meter.  



Ide membuat jembatan yang menghubungkan Sungai Musi di Seberang Ulu dan Seberang Ilir sudah ada sejak jaman pemerintahan Belanda tepatnya pada tahun 1906. Namun sayangnya ide itu tidak pernah terealisasi. Hingga akhirnya pada tahun 1962 dimulailah pembangunan jembatan yang dinamakan "Jembatan Sungai Musi". 

Dalam membangun Jembatan Sungai Musi ini digunakan tenaga ahli dari Jepang. Biaya pembuatan jembatan ini juga berasal dari harta rampasan perang pada jaman pendudukan Jepang. Pada saat peresmian tahun 1965 jembatan itu dinamakan "Jembatan Bung Karno". 

Setelapergolakan politik RI pada tahun 1966, nama jembatan ini diganti dengan nama "Jembatan Ampera". Nama AMpera adalah singkatan dari (Amanat Penderitaan Rakyat). 


Dahulu pada bagian tengah jembatan Ampera ini bisa diangkat ke atas sehingga ketika ada kapal melintas tidak tersangkut. Namun aktivitas naik dan turun jembatan ini sudah tidak lagi ada sejak tahun 1970 karena dianggap mengganggu lalu lintas jalan di atas jembatan. Bahkan pada tahun 1990 bandul pemberat yang ada di kedua menara diturunkan agar tidak membahayakan pengguna jalan jika sewaktu-waktu jatuh. 

Selain menikmati keindahan Jembatan AMpera dan menikmati kuliner di tepian sungai Musi, kita juga bisa melakukan wisata Belanja. Di dekat Jembatan AMpera atau sekitar 50 meter kita akan menemukan Pasar 16 ilir. Jadi untuk bisa sampai ke Pasar 16 Ilir kita hanya perlu berjalan kaki saja. Di sana kita bisa mendapatkan aneka souvenir juga oleh-oleh khas Palembang. Jika ingin membeli Songket Palembang kita juga bisa datang ke Pasar 16 Ilir ini. 
Reaksi:
3

3 komentar:

  1. Saya belum pernah ke jembatan Ampera ini, mbak... tapi dengan postingan ini saya serasa jalan - jalan sungguhan ... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah suatu saat nanti bisa berkunjung ke jembatan Ampera ya Mang

      Hapus
  2. Jembatan Ampera emang bagus banget, jangan lupa ke Benteng Kutobesak juga.

    BalasHapus