Selasa, 28 Juli 2015

Empek-empek Panggang Lenggang


Palembang memang surganya empek-empek. Kita bisa menemukan empek-empek dengan mudah di sana. Ada banyak warung maupun toko yang menjual empek-empek berbagai jenis. Seperti lenjer, kapal selam, lenggang, empek-empek bakar maupun panggang. 


Setiap warung atau toko yang menjual empek-empek di Palembang memiliki ke-khasan rasa maupun bahan baku empek-empek yang berbeda-beda.  Seperti misalnya rumah makan "empek-empek Saga Sudi Mampir' yang menggunakan ikan air tawar sebagai bahan empek-empeknya. 

Salah satu menu favorit yang ada di rumah makan Saga ini adalah Lenggang. Ini adalah empek-empek yang bahannya dibuat dari ikan Belida dan dimasak dengan cara di panggang di atas perapian. 


Di bagian depan rumah makan Saga Sudi mampir ini kita akan melihat pemanggangan dan meja yang berisi wadah daun. Di dalam wadah daun itu sudah disiapkan telor bebek. 

Ketika pelanggan pesan Lenggang, maka pelayan rumah makan dengan cekatan akan mengambil sesendok besar adonan Lenggang yang sudah disiapkan kemudian mengaduknya dengan telur bebek di dalam daun.Adonan di dalam daun ini kemudian di panggang di atas pemanggangan hingga matang. 


Lenggang akan disajikan dengan cuko. Rasanya sangat lembut dibanding empek-empek lainnya. Ini karena telor bebek yang dicampurkan dalam adonan ini dan bahan ikan air Belida yang digunakan. 

Kita bisa menikmati satu porsi Lenggang ini dengan harga Rp 20.000. Selain itu kita juga bisa lho melihat secara langsung proses pembuatannya.

Empek-empek Saga Sudi Mampir 
Jalan Demang Lebar Daun 
Palembang 
Reaksi:
0

0 komentar:

Posting Komentar