Rabu, 11 Maret 2015

Braga Permai - Café tempo dulu


Braga Permai didirikan oleh L.Van Bogerijen pada tahun 1918. Maison Bogerijen ini awalnya berada di timur Bragaweg dan persimpangan Oude Hospitalweg. Dulu Maison Bogerijen merupakan rumah makan dnegan ruang makan terbuka yang menghadap taman dan dinaungi oleh kanopi dua pohon besar. 

Pada bagian tengah bangunan ini ada symbol kerajaan Belanda. Di bagian atap ada beberapa istilah dalam bahasa Perancis seperti Clacier, Cuisinier serta Confisur. Di tahun 1923, rumah makan Braga Permai pindah ke jalan Braga yaitu lokasi Braga Permai yang bisa kita temui sekarang. 


Maison Bogerijon merupakan restoran paling elit di kota Bandung. Konon restoran ini mendapat restu langsung dari Ratu Belanda. Semua menu yang ada di sini ditulis dalam bahasa Perancis. 

Pelanggan Maison Bogerijon merupakan tokoh-tokoh terkemuka kerajaan Belanda juga para gubernur jenderal Hindia Timur Belanda. Mereka tinggal di daerah sekitar Braga seperti Coorde Alley, Telefoon Alley, Bruyn & Thuyssen Alley, Oude Hospitalaweg juga Tamblongweg. Mereka biasa datang dengan berjalan kaki untuk menikmati sarapan setiap hari. 

PAda tahun 1980, Braga permai menyediakan layanan antar bagi para pelanggannya. Walaupun bangunan asli MAison Bogerijen ini sudah berubah, tapi jika masuk ke dalamnya kita masih bisa melihat beberapa hal yang masih dipertahankan. Seperti dapur tua tempat memasak roti, termasuk oven serta pengaduk adonan, juga pipa gas.
Reaksi:
0

0 komentar:

Posting Komentar