Jumat, 13 Februari 2015

Tips naik kereta Jakarta-Bandung


Naik kereta dari Jakarta ke Bandung atau sebaliknya itu adalah sebuah perjalanan wisata. Ada banyak pemandangan indah yang bisa kita lihat di kiir kanannya. Berikut ini adalah tips menikmati perjalanan dengan kereta di jalur Jakarta –Bandung atau sebaliknya : 

1. Berdoa itu perlu 
Jangan sepelekan berdoa. Seringkali kita lupa berdoa ketika memulai perjalanan. Tapi yang namanya berdoa juga gak perlu komat kamit juga ya. Cukup berdoa dalam hati agar perjalanan kita diberi kelancaran dan kita bisa selamat sampai tujuan. 

2. Lebih baik booking tiket jauh-jauh hari 
Jika kita ingin pergi di akhir minggu ada baiknya memesan tiket jauh-jauh hari. Tapi kalau pergi di hari biasa , beli tiket langsung juga masih OK. 

3. Jangan tergoda tiket promo 
Mendapatkan tiket promo memang murah, tapi tempat duduknya adalah di bagian depan, jadi kita harus siap-siap dengan godaan televise yang tepat berada di depan mata. Bagi yang berada di kereta Eksekutif, bangku paling depan itu tidak ada pijakan kakinya. 

4. Datang tepat waktu 
Walaupun kita baru bisa masuk ke dalam ruang tunggu stasiun satu jam sebelum kebrangkatan kereta, ada baiknya kita datang ke stasiun lebih awal. Paling lambat kita bisa memperkirakan kedatangan kita adalah 30 menit sebelum kereta berangkat. Perkirakan juga kemacetan di jalan sehingga kita tidak ketinggalan kereta dan akhirnya tiket kita hangus. Kalau ke Bandung memang masih ada kereta berikutnya yang berselang 2 jam kemudian. Tapi tentu saja kita harus membeli tiket lagi di loket penjualan langsung. 

5. Pilih bangku yang tepat. 
Kalau dari Jakarta di pagi hari pilihlah bangku di sisi kanan, yaitu di bagian C-D. Ini karena matahari datang dari sebelah kiri jadi kita harus menutup korden jika duduk di sisi kiri (A-B). Walaupun masih bisa melihat pemandangan dari jendela yang ad adi seberang, tapi tetap saja akan lebih enak kalau melihat pemandangan dari jendela terdekat. 

6. Lihat Air terjun 
Kalau kita melewati jembatan Cikubang, maka kita akan bisa melihat air terjun yang mengalir ke sungai Cikubang. Air terjun ini adanya di bagian kanan kalau kita dari Jakarta. Tapi kalau dari Bandung kea rah Jakarta air terjun ini adanya di sebelah kiri, plus kita harus menengok ke belakang agar bisa melihat air terjun dari arah depan. 

7. Hindari membawa barang besar. 
Naik kereta itu beda sama naik pesawat. Kalau di kereta bagasi Cuma ada di bagian atas tempat duduk. Jadi kalau kamu membawa koper yang besar bagasinya tidak akan muat. Begitu juga kalau kita taruh di bawah akan menghalangi orang lewat dan tentu saja ini dilarang. Kalau kita letakkan di tempat kaki tentu saja akan menggangu kenyamanan kita. Berwisata dengan kereta sangat tidak dianjurkan untuk membeli oleh-oleh yang dikemas dalam kardus besar. 

8. Pesan makanan dan mInuman dalam kereta lebih praktis 
Menikmati perjalanan selama dalam kereta itu akan lebih menyenangkan kalau sambil menikmati secangkir kopi atau segelas the hangat. Tapi kita tidak perlu membawa makanan atau minuman. Karena di dalam kereta tersedia makanan dan minuman yang bisa kita beli dengan harga relative murah dan rasanya juga enak. 

9. Pakai baju tebal 
Kereta ke Bandung dilengkapi dengan AC jadi bisa dipastikan udaranya akan dingin. Apalagi jika kita melakukan perjalanan pada musim hujan. Belum lagi jika kereta yang kita naiki itu tidak penuh dan hanya berisi sedikit penumpang. Bagi yang tidak tahan pada udara dingin ada baiknya memakai baju yang lebih tebal agar hangat. 

10. Jangan Merokok 
Sejak dari Stasiun kita sudah dilarang merokok karena kawasan ini bebas asap rokok. Begitu juga selama dalam perjalanan. Jadi jangan pernah berharap bisa merokok di sambungan gerbong ataupun di toilet. 

11. Waspada itu perlu 
Di setiap perjalanan kereta api memang selalu disertai dengan polisi kereta api. Namun kita juga perlu waspada. Apalagi jika melakukan perjalanan sendiri. Kalau harus ke toilet maka sebaiknya tas berisi barang berharga kita bawa. Begitu juga kalau membawa laptop, maka kita juga harus menjaganya. Jangan sampai laptop atau tas kita hilang ketika kita tertidur di kereta. 

12. Periksa barang bawaan sebelum turun 
Jangan terburu-buru turun dari kereta api karena waktu berhentinya kereta sudah diperhitungkan. Jadi periksa terlebih dahulu barang-barang bawaan. Jangan sampai ada yang tertinggal. Apalagi kalau yang ketinggalan adalah oleh-oleh.
Reaksi:
1

1 komentar: