Kamis, 12 Februari 2015

Stasiun Gambir

Stasiun Gambir merupakan stasiun kereta api yang terbesar di Jakarta. Dari stasiun ini diberangkatkan kereta api kelas eksekutif dan bisnis ke berbagai kota besar di Pulau Jawa. Ada 4 jalur kereta yang ada di stasiun gambir. Masing-masing adalah jalur 1&2 serta jalur 3&4. 

Ada 2 pintu masuk ke dalam area stasiun Gambir, yaitu pintu Utara dan pintu Selatan. Kedua pintu ini merupakan pintu masuk dan pintu keluar. Di Pintu Selatan kita bisa menjumpai loket penjualan tiket secara langsung. Di sini juga terdapat kantor Customer Service PT KAI, dimana kita bisa mendapatkan informasi tentang jadwal kereta api tiket dan sebagainya. 

Penumpang kereta baru diperbolehkan masuk melalui pintu masuk ini satu jam menjelang kereta berangkat. Jadi kalau kita datang lebih awal, maka kita tidak bisa masuk dan menunggu di ruang tunggu. Kita bisa duudk di luar pintu masuk atau duduk di beberapa café serta tempat makan yang banyak ada di sana. 

Stasiun Gambir terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama merupakan pintu masuk, café dan resto serta ATM. Lantai kedua adalah ruang tunggu penumpang dan ada penjual makannan juga. Lantai ketiga adalah jalur pemberangkatan kereta. 

Ada escalator yang akan mengantar kita ke lantai tiga atau jalur pemberangkatan. Baca baik-baik petunjuk yang ada di bawah escalator agar kita tidak salah jalur. Karena kalau salah jalur maka kita harus turun lagi dan berganti naik ke escalator yang lainnya. Sayangnya untuk turun ini tidak ada escalator, jadi kita harus menuruni tangga. 

Jalur pemberangkatan kereta api yang ada di stasiun Gambir ini hanya dilewati oleh kereta Commuterline. Jadi kalau kita dari Bogor, Depok atau Bekasi naik Commuter line dan akan berganti kereta dari Stasiun Gambir, maka kita harus berhenti di stasiun terdekat. Seperti Stasiun Cikini atau Gondangdia. Dari kedua stasiun ini kita bisa naik Bajaj atau Taksi menuju Stasiun Gambir. 

Kalau kita naik Bajaj, maka kita bisa saja masuk ke dalam area Stasiun Gambir, tapi kita harus berhenti di area parkir yang terletak di Stasiun Gambir. Sedangkan kalau kita naik taksi atau mobil pribadi, maka kita bisa di drop atau diturunkan di lobbi Stasiun yang berada di area pintu Selatan Stasiun. 

Di area parkir yang berada di Stasiun Gambir ini terdapat taksi yang merupakan tenant dari Stasiun Gambir. Seperti Taxiku, BlueBird juga Express. Jika kita naik taksi dari dalam area parkir, maka kita akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Namun kita juga perlu berhati-hati karena di area parkir ini ada banyak taksi tanpa argo bahkan taksi gelap. 

Jika ingin melanjutkan perjalanan ke Bandara Soekarno Hatta, maka kita bisa langsung menuju ke belakan Stasiun. Di sana ada Bis Damri yang siap mengantar kita ke Bandara. Bis Damri ini juga melayani rute ke Lampung. 

Di bagian Belakang Stasiun Gambir ada halte Busway jika kita ingin melanjutkan perjalanan menuju Senen, Kelapa Gading ataupun Pulo Gadung. Sedangkan jika kita ingin melanjutkan perjalanan menuju Harmoni, Sudirman ataupun Kota maka kita bisa naik busway dari halte yang berada di bagian Utara Stasiun Gambir.
Reaksi:
0

0 komentar:

Poskan Komentar