Rabu, 18 Februari 2015

Sejarah Kopi Aroma Bandung


Pabrik kopi Aroma yang berada di Jalan Banceuy 51 Bandung ini didirikan oleh Tan Houw Sian pada tahun 1930. Sebelumnya Tan Houw Sian bekerja di perusahaan kopi milik Belanda sejak tahun 1920 hingga tahun 1930. Ketika bekerja itulah Tan Houw Sian mempelajari ilmu tentang kopi sekaligus menjadi pengusaha. Hingga akhirnya pada tahun 1930 ia memutuskan berhenti menjadi karyawan dan mendirikan usaha kopi kecil-kecilan yang diberi nama Aroma.

Saat ini pabrik sekaligus toko kopi Aroma ini dikelola oleh generasi kedua sekaligus pewaris tunggal yang bernama Widyapratama. Beda usia yang jauh antara ayah dan anak ini mencapai 53 tahun. Perbedaan usia inilah yang kemudian membuat toko kopi ini nyaris tumbang. Toko kopi Aroma ini sempat mengalami masa stagnasi, hidup tidak matipun tidak pada tahun 1966 hingga 1970. 

Hingga akhirnya Widyapratama yang lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung ini belajar ilmu kopi ke Singapura dan membangun kembali toko kopi Aroma. Kini ada dua anak dari tiga anak Widyapratama yang membantu meneruskan usaha kopi Aroma ini.

Reaksi:
1

1 komentar:

  1. kalau ke bandung, aku harus mampir ke tempat kopi aroma. harus !!

    BalasHapus