Sabtu, 14 Februari 2015

Pasar Baru Bandung


Pasar baru Bandung bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari Stasiun kereta Bandung. Setelah keluar dari peron stasiun bagian selatan, maka kita bisa melewati jalan kecil menuju terminal Stasiun hall. Dari terminal ini kita tinggal menyeberang jalan Kebon Jati dan sampailah kita di pasar baru Bandung. 

Kita bisa menyusuri trotoar di Jalan Kebon Jati hingga akhirnya memasuki trotoar pasar Baru Bandung yang berada di Jalan Otista. Di trotoar Pasar Baru yang masih berada di tepi jalan Kebon Jati, kita bisa menemukan beberapa kios yang menjual wig atau rambut palsu. 

Jika kebetulan lewat pas waktunya makan siang, maka kita bisa mencicipi sate kikil yang dijual oleh ibu-ibu. Tempat penjual sate kikil ini adalah di pojokan pasar baru di dekat kios penjual wig. Kalau mau makan di sini tentu saja kita bisa duduk di dekat si penjual sambil menikmati kendaraan yang lalu lalang di jalan Kebon Jati. 

Cikal bakal Pasar Baru adalah tempat penampungan pedagang yang berada di sisi barat kawaan pecinan pada tahun 1884. Sebelumnya pasar lama berada di daerah Ciguriang. Namun kerusuhan Munada telah menyebabkan pasar lama ini terbakar pada tahun 1842. Sejak saat itulah para pedagang tercerai berai dan tidak memiliki tempat penampungan untuk berdagang. 

Di kawasan Pasar Baru ini kemudian didirikan bangunan semi permanen pada tahun 1906. Bangunan ini berisi jajaran pertokoan di bagian depan serta los pedagang di bagian belakang. Perluasan dan pembangunan PAsar baru menjadi bangunan permanen dilakukan pada tahun 1926. 

Dulu pada tahun 1935 Pasar Baru ini pernah mendapatkan predikat pasar terbersih dan paling teratur di Hindia belanda. Sayangnya predikat itu tidak bisa dipertahankan hingga saat ini. Pada tahun 1970 Pasar Baru Bandung dirombak menjadi bangunan modern yang bertingkat. Pembangunan yang merombak bentuk Pasar Baru secara total dilakukan pada tahun 2001 dan diresmikan oleh walikota Bandung pada tahun 2003. 

Kini Pasar Baru Bandung merupakan pusat perbelanjaan dengan 11 lantai termasuk basement serta parkir. Kita bisa berbelanja pakaian, jilbab, perlengkapan muslimah, sprei, bed cover dll. Harga yang ditawarkan di Pasar Baru ini juga cukup terjangkau. Di sini kita juga bisa membeli oleh-oleh khas Bandung. Kita bisa datang dan berbelanja di Pasar Baru dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. 

Tips Belanja Di Pasar Baru Bandung 
• Periksa dengan teliti kualitas barang yang dibeli. Baju dengan mdel yang bagus belum tentu bahannya bagus. Jangan sampai kita kecewa karena mendapatkan harga dengan kualitas yang tidak sesuai. 
• Tidak semua barang diberi label harga. Jadi untuk barang yang tidak ada label harganya ini bisa kita tawar. 
• Berhati-hatilah dengan dompet maupun tas, jangan sampai kita lengah dan memberi kesempatan bagi orang jahat untuk mengambil barang berharga kita. 
• Jika ingin melakukan ibadah sholat bisa naik ke lantai paling atas karena di sana ada masjid. Dari sini kita juga bisa melihat pemandangan kota Bandung. 
• Jika ingin mencari makanan, kita bisa naik ke lantai 7 karena di sana ada food court sehingga kita bisa makan dengan nyaman.
Reaksi:
4

4 komentar: