Minggu, 22 Februari 2015

Hotel Swarha Bandung


Dulu ketika Konferensi Asia Afrika diadakan di Bandung pada tahun 1955, hotel Swarha ini merupakan tempat menginap para wartawan yang meliput acara tersebut. Para wartawan itu bukan saja datang dari Jakarta tapi juga dari luar negeri. Diantaranya ada wartawan senior H.Rosihan Anwar juga Mochtar Lubis. Ada juga wartawan dari Amerika Serikat , Cina dan negara-negara di Eropa seperti Perancis. 

Hotel yang dekat dengan gedung Merdeka, tempat dilaksanakannya Konferensi Asia Afrika ini menyebabkan para wartawan ini bisa dengan mudah pulang dan pergi. Dari hotel ini pula para wartawan ini menyebarkan berita tentang Konferensi Asia Afrika ke berbagai penjuru dunia. Efeknya adalah negara-negara yang masih terjajah segera menyadari betapa pentingnya kemerdekaan bagi mereka. 

Sayangnya bangunan hotel Swarha yang berada tepat di samping Masjid Agung Bandung ini sekarang sudah tidak terawat lagi. Bahkan kondisi bangunan yang dibiarkan kosong ini kini sudah lapuk dan bisa runtuh sewaktu-waktu. Padahal dulu lantai satu gedung ini pernah dijadikan sebagai toko tekstil sedangkan lantai dua hingga lantai empat bangunan ini digunakan sebagai hotel.
Reaksi:
1

1 komentar: