Minggu, 22 Februari 2015

Gedung Kantor Pos Besar Bandung

Sejak pertama kali dibangun pada tahun 1863 gedung ini memang digunakan sebagai kantor pos. Pada jaman Belanda dulu namanya “ Posten Telegraf Kantoor”. Bangunan bergaya Geometric Art Deco ini adalah hasil rancangan arsitek Belnada J.Van Gendt. 



Pada tahun 1928 hingga 1931 gedung ini direnovasi secara besar-besaran. Hingga gedung yang berada pada tanah seluas 6.006 m2 ini memiliki luas 4.846 m2. Dalam design bangunnan ini digunakan perpaduan atap bangunan tropis. 

Sayangnya gedung ini sempat terkena ledakan bom pada tahun 1949 ketika perang kemerdekaan. Keruskaan terjadi pada bagian interior yang terbakar. Namun bentuk keseluruhan dari gedung pos ini masih utuh termasuk-ornamen-ornamen khas Belanda. 

Gedung Kantor Pos Bandung ini berada di Jalan Asia Afrika no.49 tepatnya di sebrang Masjid Raya Bandung. Di bagian depan gedung ini kita bisa menjumpai patung Universal Postal Union atau Uni Postale Universaile (UPU).
Reaksi:
2

2 komentar:

  1. Kantor Pos Besar Bandung adalah tempat bersejarah tidak hanya bagi kota Bandung, tapi jadi gadung bersejarah bagi perjalanan cinta kami berdua..heuydeuh.

    BalasHapus
  2. polow kiri pollow kanan, tapi dianya ngga pernah pollow balik...huh Farah deh ih

    BalasHapus