Kamis, 12 Februari 2015

Cetak Tiket Mandiri Kereta Api


Jika kita membeli tiket secara online atau di minimarket maupun agen resmi penjualan tiket kereta api, maka kita akan mendapatkan kode booking yang akan digunakan ketika mencetak tiket asli kereta api. Di pintu masuk stasiun kereta api pemberangkatan ada mesin CTM (Cetak Tiket MAndiri). Mesin ini sebenarnya lebih mirip computer yang dilengkapi dnegan printer. 

Kita tinggal memasukkan kode booking kemudian mengikuti instruksi yang ada di layar hingga akhirnya akan tercetak tiket asli. Dalam hitungan detik tiket akan tercetak pada printer yang berada dibawah layar monitor. Jika kesulitan dalam mencetak tiket ini kita juga bisa bertanya pada petugas yang ada di sana. 

Berikut ini adalah langkah mencetak tiket melalui Layanan Cetak Tiket MAndiri : 
1. Masukkan kode booking pada kotak isian kode. Kode ini bisa berupa 13 digit kode pembayaran kereta api maupun 6 karakter kode booking. 
2. Klik tombol “cari” 
3. Cek tampilan info data penumpang beserta kereta. Jika sudah sesuai klik tombol “Cetak” 
4. Tiket asli akan tercetak pada printer dan siap diambil. 

Cetak Tiket Mandiri ini berfungsi sejak jam 05.00 pagi hingga jam 20.00 WIB. Jadi kalau jadwal pemberangkatan kereta yang akan kita naiki setelah jam 20.000 maka kita harus sampai stasiun kurang dari jam 20.00 agar bisa mencetak tiket sendiri. 

Layanan Cetak Tiket Mandiri ini ada di beberapa stasiun diantara Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Kutoarjo, Jogjakarta Tugu maupun Lempuyangan, Madiun, Kediri, Surabaya Gubeng dan Pasar Turi, Jember juga Banyuwangi. Di luar pulau Jawa layanan Cetak Tiket MAndiri ini juga ada di stasiun Medan, Palembang serta Lampung.
Reaksi:
3

3 komentar:

  1. Hmmm....aku belum pernah menggunakan layanan tiket seperti itu... Kayaknya lebih mempermudah beli tiket ya... tapi masalahnya apa mesinnya itu gak pake ngadat ya?

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat berguna yang dibahas dalam situs ini ... tentu akan sangat membantu bagi pembaca yang membutuhkan referensi, Salam Kenal.

    BalasHapus
  3. Cetak tiket mandiri maksimal 12 jam/8 jam sihhh? Yg bener yg manaaa???

    BalasHapus