Kamis, 12 Februari 2015

Beli Tiket Kereta Api Online atau Langsung?

Harga tiket kereta api Jakarta-Bandung PP, yang terendah adalah tiket promo pada kelas Bisnis yaitu Rp 38.000. Sedangkan tiket promo pada kelas Eksekutif dijual pada harga 58.000. Tiket promo yang dijual ini adalah bangku paling depan dari setiap rangkaian. Biasanya tiket promo ini bisa kita peroleh pada saat pembelian Online. Sedangkan untuk pembelian tiket langsung pada hari keberangkatan, biasanya kita akan mendapatkan harga tertinggi yaitu Rp 120.000 untuk kelas Eksekutif. 

Kita bisa mempersiapkan perjalanan jauh-jauh hari, karena penjualan tiket kereta api saat ini sudah bisa dibeli pada 90 hari sebelum keberangkatan. Pemesanan tiket hanya bisa dilakukan melalui online di website PT KAI yaitu www.kereta-api.co.id. Di halaman utama kita bisa memilih meng-Klik Reservasi tiket. 

Setelah halaman reservasi tiket terlihat, maka kita akan diminta mengisi tanggal keberangkatan serta stasiun asal dan stasiun kedatangan. Jangan lupa mengisi jumlah penumpang. Setelah mengklik submit maka akan muncul halaman yang berisi info jadwal keberangkatan kereta beserta harga dan ketersediaan kursi. 

Kita bisa mengklik tanda Booking pada jadwal keberangkatan dan harga yang kita inginkan. Setelah itu kita harus mengisi detail rencana perjalanan seperti memilih nomor dan posisi tempat duduk serta data penumpang termasuk no.KTP. Ini penting karena no KTP yang tertera pada tiket ini harus sesuai dengan no KTP yang kita berikan di pintu masuk stasiun. No tanda pengenal serta nama yang tidak sesuai akan menjadikan tiket ini tidak valid atau tidak bisa digunakan. 

Pembayaran dilakukan melalui ATM sesuai dengan batas waktu. Jika pembayara sudah melewati batas waktu tentu saja reservasi kita akan dianggap hangus dan kita harus melakukan reservasi ulang. Jangan lupa menyimpan Struk pembayaran dari ATM karena di sana da kode booking yang akan kita gunakan untuk mencetak tiket. 

Selain memesan tiket lewat internet, kita juga memesan tiket melalui mini market atau travel biro. Di sini kita akan mendapatkan struk yang juga berisi kode booking. 

Kalau kita pergi mendadak, maka kita bisa membeli tiket secara langsung di loket penjualan tiket di stasiun. Penjualan langsung ini akan dilayani pada hari keberangkatan saja. Jika membeli tiket secara langsung pada hari keberangkatan ini, maka kita akan diberikan tiket langsung, bukan kode booking lagi. Jangan lupa siapkan KTP untuk pembelian tiket secara langsung ini.
Reaksi:
4

4 komentar:

  1. Wah...asyik, sering-sering promo aja :>) . Ikutttt dong kapan2

    BalasHapus
  2. haii mba astri, salam kenal yah...mohon infonya untuk tiket kereta yg promo, caranya seperti apa yah ? soalnya saya lihat harganya Rp 80.000,- di web kereta api..

    Thanks infonya Mba :)

    BalasHapus
  3. Pesan tiket online ternyata gampang
    terima kasih banyak infonya

    BalasHapus
  4. Ya jelas enakan beli online tiketnya karena selain lebih murah , kita juga ga perlu keluar rumah cukup dengan buka laptop untuk order tiket hehe

    BalasHapus