Jumat, 13 Februari 2015

Bangi Kopitiam Kebon Jati

Ada tempat ngopi klasik yang ada di Jalan Kebon Jati. Namanya Bangi Kopi Tiam. Bangunan cafĂ© ini terlihat dari luar masih mempertahankan arsitektur kuno. Dibelakangnya adalah bangunan hotel Gino Feruci Bandung. Dulu tempat ini memang merupakan bekas Hotel tua yang bernama “Hotel Surabaya”. 

Hotel Surabaya merupakan hotel paling tua di Bandung. Konon kabarnya Hotel Surabaya ini dibangun pada tahun 1886 jauh sebelum ada pasar baru (1906). Pembangunan Hotel Surabaya ini untuk melengkapi adanya stasiun Bandung yang dibangun pada tahun 1884. Karena dibangun oleh pengusaha keturunan Tionghoa dari Surabaya, maka arsitektur Hotel Surabaya ini merupakan campuran antara China dan Eropa. 


Bangunan bekas Hotel Surabaya ini merupakan salah satu cagar budaya di Bandung. Kalau kita datang ke Bangi Kopi Tiam ini ada yang unik di sini. Ketika masuk kita bisa melihat vespa tua yang dijadikan pelengkap interior. Di atas meja bar kita bisa melihat daftar menu yang cukup unik. Di sana tidak saja tertulis menu, tapi juga keterangan dari menu klasik yang ada di sana. Papan keterangan menu ini ditulis dengan kapur putih yang sekarang sudah jarang ditemukan. 

Diantaranya ada menu telur separuh masak. Di papan tersebut juga dijelaskan bahwa telur separuh masak itu adalah menu sarapan pagi tempo doeloe yang dinikmati bersama keluarga. Disajikan di atas piring oval . Ada lagi keterangan tentang menu Asam Laksa yang dijelaskan bahwa menu ini meruapakan Masakan tradisional yang berasal dari Penang dan menjadi hidangan khas raja-raja. Makanan ini juga menjadi makanan kesukaan nyonya-nyonya untuk sarapan pagi. 


Ada lagi menu roti bakar. Di sini bukan dijelaskan tentang roti bakarnya, tapi dijelaskan tentang sejarah roti bakar. Dalam papan tertulis bahwa Roti bakar dahulu di bakar dengan menggunakan arang sampai garing dan dioleskan mentega dan ditaburi gula pasir atau kaya di atas roti itu. Tradisi roti bakar berasal dari orang Hainan yang merantau dari Cina. Bangi 

Kopi Tiam Bandung ini berada di depan hotel Gino Feruci yang beralamat di : Jalan Keboon Jati 71-75 Bandung.
Reaksi:
0

0 komentar:

Posting Komentar