Minggu, 21 Desember 2014

Wisata Di Makam Artistik Di Jakarta


Berkunjung ke makam yang satu ini tidak ada aura menyeramkan. Yang terlihat di sini adalah jajaran makam-makam nan artistik. Batu-batu nisan ini sudah ada di sini sejak tahun 1800 an. Ini terlihat dari tanggal yang tertera di batu-batu nisan.

Dahulu tempat yang berada di jalan Tanah Abang 1 no.1 Jakarta Pusat ini terkenal dengan nama makam Kober atau makam Kebon Jahe. Luasnya sekitar 5,5 hektar. Kini tempat ini sudah menjadi Museum Sejarah di Jakarta dan dikenal sebagai Museum Taman Prasasti. Luas pemakaman ini sekarang hanya tinggal 1,2 hektar saja.  

Kita bisa datang ke tempat ini setiap hari kecuali hari Senen dan hari libur nasional. Pada hari Selsa-Minggu, Museum Taman Prasasti ini buka sejak jam 09.00-15.00 WIB. Tiket masuk Museum Taman Prasasti ini juga tidak mahal yaitu : 
Perorangan
  • Dewasa Rp 5.000/orang
  • Mahasiswa Rp 3.000/0rang
  • Pelajar Rp 2.000/orang 
Rombongan : 
  • Dewasa Rp 3.750/orang
  • Mahasiswa Rp 2.250/0rang
  • Pelajar Rp 1.500/orang 
Nisan-nisan yang ada di sini bentuknya sangat artistik. Ada nisan dengan ukiran malaikat, ukiran wanita cantik dan ada juga nisan yang melambangkan profesi orang yang ada di dalamnya. Seperti misalnya nisan Dr. HF Roll yang merupakan pendiri Stovia atau sekolah kedokteranpada jaman Belanda. Nisan ini dibuat dengan ornamen buku di atasnya. 

Selain nisan-nisan yang artistik, di sini kita juga bisa melihat peti mati yang disimpan dalam lemari kaca. Ada juga kereta jenazah pada jaman dulu. Di pintu masuk kita bisa melihat kereta kencana milik dinas pariwisata yang sering digunakan untuk acara karnaval di Jakarta. 

Jadi wisata tidak harus ditempat indah bukan? Beriwsata di makam pun bisa kita lakukan sambil belajar sejarah bangsa. 







Reaksi:
3

3 komentar:

  1. Wah...alternatif jalan-jalan boleh juga nih ke tempat ini.. Ada unsur sejarahnya.. tapi kalau penakut kayak aku apa bisa betah dan enjoy ya? Yang ada malah ntar ngibrit lari ketakutan...hehe..

    BalasHapus
  2. Busyek ternyata wisata di makam mengasyikan juga ya Mba, adakah penampakan di sana Mba ? :))

    BalasHapus
  3. Wah, ternyata wisata ke makam juga asik ya.

    BalasHapus