Senin, 20 Oktober 2014

Writers Gathering Di Kepulauan Seribu


Jalan-jalan kali ini bersama dengan teman-teman pemenang Lomba Tulis Nusantara 2013. Perjalanan kali ini disponsori oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sedangkan yang melayani kami dalam acara ini adalah teman-teman dari Kawan Jalan. Kesempatan kali ini aku dapat karena menggantikan mbak Siti Maryamah yang berhalangan hadir. Makasih banyak ya mbak Siti. 

Jum'at 17 Oktober 2014. 
Kami menginap di My Hotel di kawasan Hayam Wuruk Jakarta Barat agar besok pagi kami bisa bersama-sama menuju Pelabuhan Muara Angke Jakarta Utara. 

Sabtu 18 Oktober 2014. 
05.00 -05.30 
Satu persatu peserta menuju lobi dan bersiap-siap untuk berangkat. Ada 3 mobil yang akan membawa kami menuju Muara Angke. Cukup memakan waktu sedikit lama untuk menata bawang bawaan kami yang rata-rata seabreg itu, hingga akhirnya kegiatan tata menata pun bisa selesai dan kami siap meluncur ke Muara Angke. 


05.30 - 06.10
Pagi yang masih lengang. Suasana Jakarta masih sepi dan kami bisa melaju tanpa kemacetan. Ketiga mobil yang membawa kami selalu beriringan. Walaupun sempat berbeda jalan sebentar karena salah berbelok, namun akhirnya kami kembali berjalan beriringan hingga akhirnya sampai di Muara Angke

Ketika sampai di pintu gerbang Kampung nelayan Muara Angke kemacetan pun mulai terasa. Maklum lah karena di sana ada pasar ikan dan ada banyak juga mobil dengan tujuan yang sama. 


06.30
Setelah menunggu sejenak akhirnya kami menuju ke kapal yang akan membawa kami ke Pulau Seribu. 

07. 30 
Kapal yang membawa kami mulai berangkat ke pulau Harapan. 


10.10
KApal Raja mas yang membawa kami merapat di PUlau harapan. 

10.30
Kami menuju ke Home stay hingga makan siang. 

12.30-13.00
Dengan sebuah kapal kecil kami menuju Pulau Dolpin dan di sana selama lebih kurang satu jam untuk melakukan snorkeling. 


14.15-14.45
Awalnya kami ingin menuju ke Pulau Gosong dan Perak untuk melakukan snorkeling yang kedua. Tapi ternyata pulau itu penuh. Hingga akhirnya kami mencari pulau terdekat. Pilihan jatuh pada pulau genteng besar. Di sini kami pun melakukan snorkeling lebih dalam dari di Pulau Dolphin karena spot di sini jauh lebih baik. 

16.30
Kini waktunya berburu sunset. Kami pun menuju Pulau genteng kecil. Tapi setelah di sana toh nyatanya kami tidak mendapatnya sunset yang kami tunggu. hingga akhirnya kami memutuskan untuk kembali. 

18.00
Kami kembali ke Pulau Harapan. Perjalanan kami tempuh selama kurang lebih 30 menit. 

20.00 
Kami melakukan sharing kepenulisan di taman tepi pantai sambil membakar ikan. 

Minggu 19 Oktober 2014
05.00 - 06.30
Berburu sunrise dan jalan-jalan ke PUlau Kelapa satu. Walaupun gagal dapat sunrise, tapi cukup puas bisa ke Pulau Kelapa satu. Kali ini semua peserta masih pada tidur, dan hanya aku sama PIta saja yang melakukan aktifitas ini. 


08.35 
Kami menuju Pulau Kelapa Dua. Melihat pusat konservasi Penyu dan menanam Mangrove. Di sini Badrul memberikan sumbangan novel karyanya kepada remaja setempat. Selain itu kami juga melakukan penanaman mangrove. 

09.37
Kami tiba kembali ke Pulau Harapan. Sebelum naik ke dermaga masing-masing peserta menunjukkan kebolehannya membacakan puisi karya masing-masing. Sedangkan Pita mendongeng dengan sangat seru. 

10.15.
Kami tiba kembali di Home stay dan melakukan packing. 

10.30
Menuju dermaga agar kami bisa mendapat tempat yang nyaman di kapal. 


12.06.
Kapal mulai berangkat dari dermaga Pulau Harapan. Di dalam kapal, Pita dan mas Rizky dari Parekraf membuat kehebohan dengan membuat kuis bagi penumpang kapal. pemenang kuis dibagikan novel karya Badrul yang merupakan juara 1 Tulis Nusantara 2013. 

14.45 
Kapal memasuki dermaga Muara Angke. Di sini kami berjuang melewati kapal hingga bisa sampai ke darat. Setelah menunggu jemputan datang beberapa saat lamanya, pada pukul 16.00 akhirnya kami pun diantar pulang ke tujuan masing-masing. Ada yang bandara Soekarno Hatta dan ada yang ke Jakarta. 
Selamat bertemu kembali teman-teman Tulis Nusantara di lain kesempatan. 


















Reaksi:
1

1 komentar: