Senin, 20 Oktober 2014

Menuju Muara Angke

Tidak biasanya aku bangun pagi, tapi saking niat dan semangat banget mau ke Pulau Seribu jadilah jam 4 pagi aku sudah bangun. Kali ini langsung mandi dan tampil cantik walaupun gak maksimal. Begitu keluar kamar ternyata aku dan Pita si pendongeng yang juga teman sekamarku jadi kelompok perempuan pertama yang sudah siap di lobi hotel.

Jadwal berangkat ke Muara Angke pada jam 5 pagi akhirnya mundur sekitar setengah jam. Ada 3 mobil yang membawa kami menuju Pelabuhan Muara Angke. Ketiga mobil ini berjalan beriringan dengan harapan kami bisa secara bersamaan dan tidak tersesat jalan.

Karena masih pagi perjalanan ke Muara Angke pun lancar ketika kami melewati kawasan Kota Tua dan Pluit. Walaupun setelah melewati kota tua kami sempat terpisah karena salah berbelok, tapi akhirnya ketiga mobil yang membawa kami bisa berjalan beriringan kembali. Tapi begitu sampai di pintu gerbang Kampung Nelayan Muara Angke perjalanan mulai padat merayap hingga 500 meter ke depan.

Jika ingin menuju Muara Angke dengan kendaraan umum, maka kita bisa naik Busway dan turun di Pluit atau bisa juga dari Grogol. Karena dari Grogol ada angkutan umum (Angkot) merah dengan nomor B 01 dengan rute Grogol-Muara Angke. Angkutan umum ini juga melewati halte Busway Pluit.

Kamipun akhirnya masuk ke depan dermaga. Di sini kami berkumpul sebentar menanti semua peserta Writing Gateway pemenang Tulis Nusantara 2013. Akan tetapi canda kami tidak juga bisa menghilangkan aroma amis ikan laut yang berada di tempat pelelangan ikan tidak jauh dari tempat kami berdiri.

Hingga akhirnya kami pun masuk ke dalam pelabuhan mencari kapal Penyeberangan Masyarakat Raja Mas yang akan membawa kami ke Pulau Harapan Kepulauan Seribu.