Kamis, 16 Oktober 2014

Berkeliling Kota Anak

Foto Koleksi Pribadi 
Aku menyebutnya kota anak karena di sini semua aktifitasnya dilakukan oleh anak-anak. Kota yang bernama Kidzania ini berada di dalam sebuah mall di kawasan SCBD Jakarta, tepatnya di Pasific Place lantai 4. Kidzania ini memang dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota. 
Foto Koleksi Pribadi 

Beberapa waktu yang lalu anakku, Ayu (11 tahun) dapat kesempatan ikut dalam acara liburan kreatif yang diadakan oleh Kompas anak di Kidzania. Setelah antri lumayan panjang, maka aku dan Ayu akhirnya sampai ke meja Kidzania Airport. Ini mirip dengan counter check in di bandara. Ceritanya memang kita sedang berada di Kidzania Jakarta Internasional Airport. Jadi kita bersiap-siap akan terbang ke kota anak. 


Masuk Ke Kidzania
Foto Koleksi Pribadi 
Di meja Check in kita akan mendapatkan tiket masuk serta check senilai 50 kidzos untuk di tukarkan di bank yang ada di dalam Kidzania.Selain itu kita juga akan diberi gelang sebagai tanda penduduk Kidzania. Gelang ini akan dilepas nanti setelah kita keluar dari Kidzania. 

Harga tiket masuk KIdzania adalah Rp 100.000 untuk anak usia 2-3 tahun. Jika kamu berusia 4tahun hingga lebih dari 16 tahun maka harga tiket yang berlaku adalah Rp 200.000. Sedangkan jika ada lansia yang berusi lebih dari 65 tidak dikenakan harga tiket alias gratis dnegan syarat harus membawa anak dan menunjukkan KTP.


Seisi Kota Menari
Foto Koleksi Pribadi 
Pertama kali masuk ke dalam kota ini masih terlihat sedikit gelap. Lampu-lampu kota belum dinyalakan. Semua bangunan yang ada di kota ini masih tutup. Hingga akhirnya jam berdentang dan menunjukkan pukul 4. Saat inilah kehidupan Kidzania dimulai. 


Aku dan Ayu - Foto Koleksi Pribadi 

Dimulai dengan parade marching band yang gegap gempita diikuti dengan tarian oleh seluruh penghuni Kidzania.  Kita bisa melihat setiap penjaga bangunan di kota ini menari. Kita bisa melihat tarian ini hingga ke sudut-sudut kota.

Kegembiraan di Kidzania ini menggambarkan bahwa Kidzania adalah sebuah kota impian anak-anak. Kehidupan di Kidzania ini memang diperuntukkan bagi anak-anak usia 6-12 tahun dengan konsep edutainment yang unik. 
Susasan Kota anak
Foto Koleksi Pribadi 
Setelah parade ini selesai kita bisa mulai menjelajah Kidzania sampai dengan kurang lebih selama 5 jam ke depan. PAda hari Senin-Kamis Kidzania akan beroperasi selama 7 jam mulai dari jam 09.00 hingga 16.00. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan hari lubur, Kidzania beroperasi dalam 2 sesi. Sesi 1 yaitu pada jam 09.00 - 14.00 dan sesi 2 pada jam 15.00-20.00. 
Petunjuk Arah di Kidzania
Foto Koleksi Pribadi 

Kota ini terdiri dari 2 lantai. JAdi kita bisa mencari tangga yang menuju ke lantai 2. Jangan takut kesasar di kota ini karena di sini ada papan petunjuk arah dan tempat. 


Menukar uang di Bank
Foto Koleksi Pribadi 
Sebelum melakukan aktifitas kamu harus menukarkan check di Bank BCA Kidzania. Di sini kamu harus mengantri layaknya di bank sesungguhnya, baru kemudian kasir akan memberi kamu Kidzos yang merupakan mata uang di Kidzania. 

Kamu bisa memiilih akan menerima uang tunai atau non tunai. Jika kamu memiliki ATM Kidzania, maka kamu bisa mendepositkan check kamu daam ATM itu, jadi kamu bisa mengambil uang sewaktu-waktu dan seperlunya saja. 


Sudut lain Kidzania - Foto Koleksi Pribadi
Selama beraktifitas di KIdzania ini kamu juga berpeluang mendapat tambahan Kidzos jika kamu bekerja sesuai dengan profesi pilihan kamu. Nah uang pembayaran gaji dari hasil kerja kamu ini bisa juga ditabung di Bank Kidzania ini. Tapi ini berlaku bagi yang memiliki ATM KIdzania. JIka kamu tidak punya ATM ya berarti harus menyimpan uang tunai tersebut.


Transportasi keliling Kidzania - Foto Koleksi Pribadi
Jika kamu ingin berkeliling melihat-lihat aktifitas di Kidzania, maka kamu bisa menggunakan taksi atau bus. tentu saja kamu harus membayarnya dnegan Kidzos. Kamu bisa datang ke pool taksi atau ke halte bus. Tapi cuma anak-anak saja lho ya yang bisa naik alat transportasi di Kidzanania ini. Orang tua dan dewasa tidak boleh. 

Di sini kamu bisa melakukan aktifitas sesuai dengan impian kamu. Kamu bisa menjadi dokter, bisa juga menjadi pilot bahkan menjadi pemadam kebakaran. KAli ini Ayu memilih menjadi kasir di Mini market. 


Ayu jadi kasir di Minimarket
Foto Koleksi Pribadi 
Petugas minimarket akan menjelaskan tentang bagaimana cara memakai mesin kasir. Selain Ayu juga ada penghuni Kidzania lainnya yang berperan sebagai pembeli. Mereka akan mendapatkan tambahan kidzos untuk berbelanja, sementara Ayu juga mendapatkan Kidzos setelah ia selesai bekerja sebagai kasir. Permainan ini berlangsung kurang lebih selama 10 menit. 


Belajar Bikin Coklat
Foto Koleksi Pribadi 
Karena Ayu sangat suka coklat, maka setelah itu ia naik ke lantai dua. Di sana Ayu belajar membuat coklat di ruangan Silver Queen. Di sini mas yang bertugas menerangkan sekilas tentang coklat mentah. Kemudian Ayu diajari membuat coklat secara langsung. Setelah itu diajari juga cara mengemasnya. Hasilnya boleh dibawa pulang. 


Bogasari Training Centre
Foto Koleksi Pribadi
Setelah merasakan nikmatnya coklat buatan sendiri, Ayu menuju tempat pembuatan nugget. Di sini Ayu juga belajar membuat nugget. Dan hasilnya juga dimakan sendiri. Perjalanan belajar masakpun dilanjutkan menuju gerai Bogasari training centre. Di sini lagi-lagi Ayu belajar membuat kue dan hasilnya di makan sendiri lagi. 

"Jadi chef sepertinya lebih menyenangkan daripada menjadi jurnalis." kata Ayu setelah selesai berburu ilmu masak. 


Belajar jadi Jurnalis di Kompas
Foto koleksi pribadi 
Padahal sebelumnya Ayu mengikuti acara belajar jadi Jurnalis yang diadakan oleh Kompas anak. Di dalam ruangan Kompas anak, kamu memang bisa belajar bagaimana membuat sebuah berita. Hasilnya adalah selembar koran hasil karya kamu. 


Hotel Kidzania - Foto Koleksi Pribadi 
Masih banyak lagi tempat yang bisa dicoba untuk memuaskan impian kamu. Ada hotel yang megah, Klinik gigi bagi yang ingin menjadi dokter gigi dan masih banyak lagi. 


Selama berada di Kidzania ini tentu kita akan merasa lapar. Tapi kamu tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Di pintu masuk Kidzania tas kita akan diperiksa dengan X-ray seperti layaknya di bandara. Jadi kalau ada makanan dan minuman akan di sita. 
Gedung Theater Di Pusat Kota Kidzania - Foto Koleksi Pribadi 


Tapi kamu jangan khawatir karena ada banyak tempat makan di Kidzania. Selain itu selama bulan Oktober ini tempat-tempat makan tersebut juga menawarkan harga promo. Berikut ini adalah promosi makanan yang bisa kamu nikmati selama bulan Oktober ini di Kidzania: 

  1. Hot Dog + Ice Tea = Rp 19.000
  2. Mix Popcorn = Rp 15.000
  3. 1 potong Pizza + Ice Tea = Rp 19.000
Kidzania Imigratiton Office - Foto Koleksi Pribadi 
Jika kamu sudah lelah dan ingin pulang ke rumah, maka kamu bisa keluar melalui Kidzania Imigration Office. Di sini gelang kamu akan dilepas. Jika kamu masih memiliki Kidzos, maka kamu bisa menggunakannya untuk membeli souvenir ala Kidzania yang ada di gerai dekat kantor Imigrasi ini. 

Atau kamu bisa menyimpannya dan memakainya jika datang lagi ke Kidzania ini. Sekali datang ke sini maka kamu pasti akan ingin datang lagi dan lagi. Jika kamu datang ke Kidzania, maka selamat bersenang-senang di kota impian kamu ya. 

Kidzania
Pasific Place Shopping Mall Lantai 6
Jln. Jend. Sudirman Kav. 52-53.
KAwasan Niaga Sudirman (SCBD) 
Jakarta 12190.









Reaksi:
38

38 komentar:

  1. saya baru sekali doang mbak berkunjung ke Kidzania, tempatnya memang cocok banget untuk anak-anak. Di Kidzania permainan edukasinya lumayan lengkap banget, yang paling seru dan membuat anak-anak antusias ketika belajar praktek membuat kue, mie dan lain-lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha aku juga baru sekali kok mas :D
      Tapi kalau anakku sudah 2 kali :)
      Tempat belajar yanga da hubungannya sama makanan memang selalu jadi favorit anak-anak ya mas :)

      Hapus
    2. saya malah baru tau kalau ada tempat maen yang cocok buat anak-anak yang namanya Kidzania..ngga keren banget kan saya?

      Hapus
    3. Iya bener Mang Lembu ... emang sekarang dirimu gak keren mas :D

      Hapus
  2. wah ternyata di SCBD ya mbak, dulu sih sering ke kawasan itu, tapi gak pernah main dan berkeliling kota anak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan ke SCBD ajak anak-anak sekalian mang dan mampir ke Kidzania :)

      Hapus
  3. wah ini bener-bener wisata sambil belajar yambak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas ... konsepnya Kidzania memang edutainment :)

      Hapus
    2. sayangnya jauh banget dari tempatku mbak

      Hapus
    3. Kapan-kapan kalau ke Jakarta Mampir ke sini mas :)

      Hapus
  4. sepertinya mengasikkan ya mbak berkunjung ke Kidzania, nabung dulu nih biar bisa bawa anak ke sana :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering-sering buka webnya Kidzania mas biar bisa lihat kapan ada diskon dan promo .:)

      Hapus
  5. saya belum pernah berkunjung ke kota anak Mba, belum tahu tempatnya sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampangnya sih di belakang Polda (Komdak) Jakarta mas :)

      Hapus
  6. kayaknya bagus nih untuk momong anak saya...kidzania :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di sini sih anaknya gak usah di momog mas ... bisa bermain sendiri dan bisa lupa waktu :)

      Hapus
  7. KIdzania memang bikin ketagihaaan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ... anakku pengen datang lagi dan lagi :)

      Hapus
  8. Seru nih pastinya dapat menambah wawasan buah hati kita ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali .... selain menambah wawasan, Kidzania juga bisa menjadi sekolah yang menyenangkan bagi anak-anak :)

      Hapus
  9. Wah lumayan juga y mbak jalan-jalan ke situ hehe waduh saya mah jarang amen ke emol haha hasee hehe mantep seru mbak Astri jalan-jalannya euy, 100 ribu lebih yah buat seru"an di situ heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau angki ke sini harus bawa anak kecil :D

      Hapus
  10. saya sudah lama tidak ke Jakarta,jadi tidak tahu perkembanganya sekarang,,,,dulumah belum ada yang namanya Kidzania,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin hari Jakarta semakin maju KAng ... jadi arena bermain anak-anak pun semakin maju juga :)

      Hapus
  11. Kapan2 pingin juga ajak anak sy, kesana mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pati anak-anak akan suka mbak Susi... jangan kaget kalau mereka minta ke sini lagi dan lagi :)

      Hapus
  12. Seru bgt pengen kekidzania :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa bawa anak-anak ke sini ya :)

      Hapus
  13. Bagus sekali artikelnya. Penataan foto foto dan kolasenya juga indah,. Menjadi enak dibaca, dan memberikan banyak pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senengnya dipuji sama bapak jurnalis yang satu ini .......... makasih banyak ya mas Asep :)

      Hapus
  14. wah wisata yang tentunya memberikan nilai edukasi yang sangat bermanfaat buat anak2 ya mba...kapan2 bisa kesana ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kidzania ini memang konsepnya Edutainment . jadi anak-anak bisa belajar dengan sangat menyenangkan di Kidzania ini :)

      Hapus
  15. kalau ke Kidzania kayaknya gak cukup sekali. Anak2 saya udah nagih lagi pengen ke sana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget itu mak Mira ... sama , anakku juga begitu ... minta ke sana lagi dan lagi :)

      Hapus
  16. Uhuyy.. kalo keponakan saya datang, saya ajakin ke sini... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti keponakannya akan merasa sangat senang mbak :)

      Hapus
  17. Itu nama kotanya emang kota anak ya mba Astri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya KIdzania ... saya yang menamakan kota anak biar mudah diingat :)

      Hapus