Rabu, 22 Oktober 2014

Arboretum Karang Taman Nasional Kepulauan Seribu

Acropora 
Selain menjadi arboretum MAngrove, Taman Nasional Kepulauan Seribu juga menjadi Arboretum Karang. Disebut sebagai arboretum karang karena di sini merupakan tempat yang dijadikan sebagai demplot beberapa jenis karang yang ada di Kepulauan Seribu. 

Setelah melakukan snorkeling di Pulau Dolphin maupun Pulau Genteng Besar, maka kita bisa yakin bahwa di perairan Kepulauan Seribu kaya akan terumbu karang. Bahkan kita bisa melihat terumbu karang dari atas perahu. 

Acropora
Ada 62 jenis karang keras dan 29 jenis karang lunak yang bisa kita jumpai di kawasan perairan Kepulauan Seribu. Beberapa karang lunak kini telah menjadi komoditas komersial. Namun untuk menjaga kelestariannya, maka menurut PP no 7 dan 8 tahun 1999, hanya f-2 dari jenis karang lunak saja yang bisa diambil dan dijadikan komoditas komersil.  

Pocillopora
Yang biasa dipakai sebagai komoditas komersial adalah karang-karang dari jenis Acropora sp, Porites sp, Farvia, Gorgonian sp. Untuk mendapatkan f-2 karang maka perlu dilakukan transplantasi baik dalam media rak PVC maupun dalam media beton. 

Itu sebabnya ketika melakukan snorkeling kita juga harus menjaga kelestarian karang-karang tersebut. Hal-hal yang bisa kita lakukan  untuk menjaga kelestarian karang dan biota laut diantaranya adalah : 
  1. Jangan membuat sampah di laut. 
  2. Jangan mengambil biota laut, baik itu ang dilindungi maupun yang tidak dilindungi
  3. Jangan berdiri di karang karena ini bisa merusak karang. 
Reaksi:
0

0 komentar:

Posting Komentar