Jumat, 18 Juli 2014

Tips Bekerja Sambil Wisata

Kalau ingin berwisata di sela-sela perjalanan dinas, maka kita harus pandai-pandai mengatur waktu. Bagaimanapun juga tugas adalah hal yang utama dan menikmati tempat wisata adalah bonus dari pekerjaan kita. 

Untuk bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin di sela-sela perjalanan dinas maka beberapa hal yang sering saya lakukan berikut ini bisa jadi tips "bekerja sambil wisata". 

1. Riset tempat wisata 
Sebelum melakukan perjalanan dinas ada baiknya kita mencari tahu melalui internet wisata apa saja yang bisa kita kunjungi . Selain itu kita juga bisa mencari tahu di mana kita bisa menikmati kuliner yang Ok di daerah yang akan kita kunjungi. 

2. Buat rencana kunjungan 
Sebelum membuat rencana kunjungan wisata tentu saja kita harus tahu berapa banyak waktu yang bisa kita gunakan untuk berwisata. Karena waktunya pasti terbatas maka kita harus pandai-pandai memilih tempat wisata yang sesuai dnegan waktu luang yang kita miliki. 

3. Pilih tempat yang dekat
Karena waktu kita terbatas, maka kita juga harus bijak memilih tempat yang dekat dengan tempat kita menginap atau bertugas. Misalnya saja ketika saya bertugas dke Bandung dan menginap di Hotel Gino Feruci maka saya akan memilih mengunjungi Klenteng dan makam Dewi Sartika di Bandung. Kedua tempat itu bisa dijangkau dalam waktu kurang dari satu jam dengan transportasi becak. 

4. Buat Catatan Perjalanan sesegara mungkin. 
Catatan perjalanan tidak harus ditulis langsung di blog atau laptop. Kita bisa saja menuliskannya di Hp atau di kertas terlebih dahulu. Biasanya saya selalu membawa buku catatan dan pulpen ke mana pun saya pergi. Jadi kalau ada hal-hal penting seperti info dari hasil obrolan, maka saya bisa langsung mencatatnya. KIta memang bisa saja mengingat apa yang kita alami selama berwisata , tapi kalau tidak segera kita tulis maka apa yang kita ingat itu seringkali akan terlupakan. 

5. Jangan malu bertanya. 
Terkadang info yang sudah kita dapatkan dan kita kumpulkan dari internet tidak sesuai dengan keadaan dilokasi. Oleh karena itu ada baiknya kita bertanya pada orang-orang yang kita temui di daerah yang akan kita tuju. Bahkan siapa tahu orang-orang tersebut bisa kita minta untuk mengantar ke lokasi yang kita inginkan. Seperti misalnya ketika saya berkunjung ke Darmasraya, maka saya bertanya tentang keberadaan candi padang roco pada kepala sekolah SLBN 1 Pulau Punjung. Dan dengan senang hati beliau mengantar saya ke lokasi yang memang sulit ditempuh tersebut. 

Reaksi:
6

6 komentar:

  1. wah nice post mbak hehe...saya juga dinas aahhh heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ... wisata di sela-sela dinas bisa menghemat banyak budget .. :D

      Hapus
  2. Gue banget, hihihi.... :D

    BalasHapus
  3. Hmmm... belum pernah perjalanan dinas keluar, tapi tipsnya berguna kalau suatu saat saya dapat perjalanan dinas keluar kota :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Have a nice trip ya mbak Riski Fitriasari :)

      Hapus