Jumat, 04 April 2014

Melihat Indonesia Hebat di Palu

Foto: Koleksi Pribadi 
Ketika pesawat yang aku tumpangi akan mendarat, dari atas aku melihat ke bawah dan merasa bahwa Palu adalah sebuah kota yang unik. Sebuah kota yang terlihat seperti berada di dalam mangkuk. Setelah merasakan makanan Palu dan berkeliling kota Palu, aku merasa bahwa kota yang baru pertama kali aku kunjungi ini adalah sebuah kota yang hebat. Aku juga merasa kehebatan kota Palu ini bisa mewakili kehebatan Indonesia karena Palu adalah salah satu bagian dari Indonesia juga. 

Geografi Indonesia Hebat 

Palu itu mewakili Indonesia banget. Kota unik ini berada di tepi pantai yang merupakan lembah dari gunung dibelakangnya. Kota ini juga dibelah oleh sungai Gumbasa dan disekitarnya juga dikelilingi oleh hutan.

Potret Indonesia dengan geografi yang lengkap ada hutan, lembah, gunung, sungai dan laut. Jadi anugrah apa lagi yang tidak kita syukuri ketika diperkenankan hidup di Indonesia? 

Indonesia Hebat Dalam Rasa 
Foto: Koleksi Pribadi 
Ketika sampai di Palu tentu saja hal pertama yang dilakukan adalah makan dengan hidangan khas di sini. Ada Kaledo sebagai menu di hari pertama dan dihari-hari berikutnya secara bergantian menikmati hidangan Kaili yaitu sebutan untuk hidangan Palu. Makanan pokok yang aku makan pun juga beragam tidak hanya nasi putih, ada singkong juga nasi jagung. 

Ada banyak hidangan khas di setiap daerah di Indonesia. Itulah hebatnya Indonesia negeri 1001 kuliner sekaligus negeri yang kaya akan rasa. Ada rasa asam, pedas, manis juga gurih yang menjadi ciri khas dari makanan yang ada di setiap daerah. 

Religi dalam Indonesia Hebat 
Foto: Koleksi Pribadi 
Indonesia adalah negeri yang ber-Ketuhanan Yang MAha Esa. Walaupun ada banyak agama di Indonesia, namun kerukunan antar umat beragama tetap terjaga. Masjid terapung di Palu adalah potret Indonesia Hebat dalam hal agama. 

Masjid ini terinspirasi dari masjid terapung yang ada di laut merah. Jadi tidak perlu jauh-jauh pergi ke Arab untuk menikmati sensasi beribadah di masjid di tengah laut. Cukup dengan pergi ke Palu maka kita bisa melihat hebatnya Indonesia dalam hal religi dan kehebatan Indonesia lain tentunya. 

Indonesia Hebat dan Kemakmuran 
Foto: Koleksi Pribadi 
Penggaraman Talise ini berada di tepi pantai Talise kota Palu. Di tepi tambak garam berjejer gubuk-gubuk yang menjajakan garam Talise. Garam Talise dikenal sebagai garam terbaik oleh masyarakat Palu. Satu karung garam Talise seberat 50 kg dijual dnegan harga Rp 85.000. Sedangkan 1 gayung garam dijual dengan harga yang cukup murah yaitu Rp 5.000.

Garam Talise adalah gambaran kemakmuran. Garam selalu digunakan oleh setiap orang dimanapun berada dan harganya sangat murah sehingga harganya terjangkau oleh semua orang. Indonesia yang hebat adalah negeri berkeadilan sosial bagi seluruh rakyatnya seperti halnya garam. 


Persatuan bangsa kunci Indonesia Hebat
Foto: Koleksi Pribadi 
Jembatan Tiga atau yang dikenal dengan Jembatan Ponulele ini menghubungkan dua bagian kota Palu yang terbelah sungai Gumbasa. Disebut jembatan tiga karena merupakan jembatan ketiga yang menghubungkan dua bagian kota Palu ini. Jembatan yang menjadi kebanggan dan icon kota Palu ini dibuat sekitar 10 tahun yang lalu ketika masa Gubernur Ponulele, itu sebabnya dikenal sebagai jembatan Ponulele. 
Jembatan tiga ini mengingatkan saya pada Indonesia yang hebat karena adanya persatuan dan kesatuan seluruh bangsa. Seandainya setiap pulau-pulau yang ada di Indonesia bisa dihubungkan dengan jembatan yang kokoh maka jembatan akan menjadi symbol kekuatan persatuan dan kesatuan bangsa untuk menciptakan Indonesia yang hebat. 


Indonesia Hebat Negeri Yang Kaya Raya 
Foto: Koleksi Pribadi 
Berdiri di tepi pantai Talise sambil menikmati sepoi angin laut mengingatkanku pada sebuah lagu “nenek moyangku seorang pelaut”. Sejak jaman dahulu Indonesia hebat adalah negeri yang kaya dengan kekayaan di darat dan di laut. 
Sayangnya saat ini masih banyak kekayaan alam Indonesia yang diambil dan dibawa keluar negeri. Hingga ada banyak rakyat Indonesia yang menjadi miskin dan dibuat bodoh agar mudah dibohongi dan dimanfaatkan oleh bangsanya sendiri yang serakah dan egois. 

Seribu satu keragaman dalam Indonesia Hebat
Foto: Koleksi Pribadi 
Museum Sulawesi Tengah berisi potensi alam dan benda-benda sejarah Sulawesi Tengah. Kita bisa datang ke sini setiap hari Senen hingga Jum’at pada jam 08.00 – 15.00 WIT. Tiket masuknya juga murah yaitu rp 3.000 untuk dewasa, rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 1.000 per orang jika kita datang secara rombongan. 
Museum yang memiliki 2 ruang pamer ini menjadi potret keberagaman Indonesia, negeri dengan keragaman budaya bangsa dan bahasa. Seandainya bangsa Indonesia bisa bersyukur atas anugrah yang besar ini, maka bisa menciptakan keajaiban untuk menjadikan Indonesia hebat dengan mudah. 

Pahlawan dan Sejarah Bangsa cikal bakal Indonesia Hebat 
Foto: Koleksi Pribadi 
Cikal bakal kota Palu bisa dilihat pada rumah adat yang hingga kini masih ada dan terawatt dnegan baik sebagai cagar budaya. Rumah adat ini berada di Jalan Pangeran Hidayat Kelurahan Lere Kecamatan Palu. Di halaman rmah adat ini juga terdapat lumbung padi, ini menandakan bahwa adaerah sekitar rumah adat ini dulunya adalah persawahan. Dulu rumah adat ini merupakan rumah tinggal raja-raja Palu sejak jaman Belanda. Hingga kini benda-benda didalamnya masih terawatt dnegan baik. Benda-benda tersebut seringkali digunakan dalam upacara adat. 

Hingga kini di rumah adat tersebut masih terpasang foto-foto raja-raja Palu sejak dulu hingga saat ini. Keberadaan Rumah adat ini menjadi symbol bahwa sejarah dan pahlawan masih sangat dihargai sebagai cikal bakal kota yang hebat ini. Begitu pula seharusnya Indonesia yang hebat yang bisa menghargai jasa pahlawan dan tidak melupakan sejarah bangsa ini. Karena negeri ini bisa ada karena sejarah dan pahlawan. Jika ini disadari oleh seluruh masyarakat negeri ini , maka tidak aka nada lagi pencuri di negeri ini apapun bentuknya, karena setiap pencuri akan malu pada para pahlawan dan sejarah Indonesia hebat ini. 

Kreatifitas untuk menuju Indonesia Hebat 
Foto: Koleksi Pribadi 
Kain tenun di Palu ini dikenal juga sebagai Tenun Donggala, ini karena kota Palu dulunya masuk ke dalam wilayah Donggala. Motif kain tenun selalu mempunyai ciri gambar bunga atau burung Maleo. Burung Maleo ini hanya ada di Sulawesi Tengah. 

Kreatifitas Palu yang diwakili oleh tenun Donggala ini adalah potret dari Indonesia yang hebat. Setiap daerah di Indoensia selalu memiliki kain khas yang berbeda-beda. Kreatifitas inilah yang bisa jadi modal besar untuk menuju Indonesia hebat. 

Orang-orang Hebat bagi Indonesia Hebat 
Foto: Koleksi Pribadi 
Di pinggir kota Palu ada sebuah desa yang terkenal dengan kapuknya. Di desa yang bernama Dalaka ini ada banyak pohon randu di setiap jengkal tanahnya. Pohon randu ini konon sudah ada sejak orang pertama di desa ini ada. Ada dua pohon randu di desa ini yaitu pohon randu lokal dengan kayu berduri. Satu lagi adalah pohon randu yang bibitnya didatangkan dari Bogor dengan kayu halus tanpa duri. 
Hebatnya desa ini adalah semua penduduk desa ini bekerja di industry rumah tangga dengan bahan baku kapuk randu. Mulai dari mengambil kapuk hingga membuatnya menjadi kasur, bantal dan guling. Lebih hebat lagi, kaum wanita di sini bahkan nenek-nenek pun masih mau bekerja keras termasuk memanjat pohon randu yang tinggi dan berduri. Seperti adanya desa Dalaka dengan masyarakat yang pekerja keras dan pantang menyerah, maka begitulah seharusnya Indonesia hebat.
Reaksi:
3

3 komentar:

  1. Semua ada di indonesia yaaaa ...

    BalasHapus
  2. Masih ada yang salah dari postingannya :) . Kota palu itu dipisahkan dengan sungai palu :) . Dan jembatan yang warna kuning itu jembatan 4 :)

    #BantuMengoreksi :)

    BalasHapus