Kamis, 27 Februari 2014

Yang Khas dari Hidangan Kaili


Makanan khas Palu disebut juga dengan masakan Kaili. Ada satu warung makan yang khusus menjual masakan khas Kaili di kota Palu. Warung makan ini terletak tidak jauh dari pantai Lere Palu tepatnya di Jalan Tembang. Kita bisa datang ke sini mulai pukul 10 pagi hingga sore hari.




Warung makan yang berdiri sejak tahun 2004 ini menyediakan menu khas seperti palumara, sayur kelor, nasi jagung, ikan bakar serta wempoi. Masakan khas Kaili dominan rasa asam serta pedas yang berasal dari cabe rawit. 


Sayur Kelor 

Yang unik adalah pada sayur kelor dan wempoi. Kalau di Jawa daun kelor biasanya digunakan untuk bahan campuran pada air yang digunakan untuk memandikan mayat. Namun di Palu, daun kelor menjadi bahan utama sayur. Selain daun kelor, di dalam sayur ini juga ada pisang muda yang diiris tipis-tipis. 


Wempoi

Wempoi adalah sebutan lain dari sayur asem di Palu. We berarti air sedangkan poi artinya asam, jadi wempoi berarti air asam atau sayur asam. Dalam satu mangkuk wempoi kita bisa menjumpai okra, potongan labu siam dan jantung pisang. 


Nasi Jagung
Rasa asam yang ada pada Wempoi ini berasal dari air asam. Sedangkan jantung pisang akan dimasak secara terpisah untuk menghindari warna hitam pada bahan lainnya. Setelah matang barulah jantung pisang dicampur dengan bahan lainnya termasuk air asam.
Reaksi:
2

2 komentar:

  1. Masih memiliki kemiripan dengan kuliner di Makassar dan sekitarnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga masih saudaraan hehehehe

      Hapus