Kamis, 21 November 2013

Wonderful Indonesia - Wisata Kreatif Ke Museum Di Jakarta


Kalau dulu wisata museum dianggap membosankan, kini dengan berbagai kegiatan kreatif yang di selenggarakan oleh pengelola museum, seperti belajar membatik, membuat keramik dan ketrampilan lainnya ternyata bisa jadi satu kegiatan yang bermanfaat. Selain murah meriah ternyata wisata museum juga membuat kita pintar serta menumbuhkan kreatifitas. 
Di ruang pamer museum tekstil Jakarta 


Kegiatan ini menarik dilakukan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Ini akan sangat menyenangkan untuk menjadi pillihan keluarga karena museum buka dari hari selasa hingga minggu, dari jam 9.00 pagi sampai jam 15.00 sore, kecuali hari jum'at sudah tutup pada jam 12.30. Jadi hanya hari senin dan hari libur nasional saja museum libur. Dengan tiket masuk seharga Rp 5.000 untuk dewasa, Rp 3.000 untuk pelajar dan Rp 2.000 untuk anak-anak kita sudah bisa melihat dan belajar banyak tentang hal-hal menarik yang disajikan di dalam museum, bahkan kalau kita datang secara rombongan minimal 20 orang uang masuknya jauh lebih murah. 
Kain tenun tradisional
salah satu koleksi muesum keramik Jakarta
Dengan membeli bahan dengan harga dibawah Rp 50.000. kita sudah bisa mengikuti pelatihan singkat yang diselenggarakan oleh pihak museum. Kalau menginginkan penjelasan yang lebih mendetail tentang apa saja yang ada didalam museum maka kita bisa menyewa jasa pemandu wisata yang tersedia di tiap museum. 

MUSEUM TEKSTIL 
Bangunan Utama Museum Tekstil Jakarta
Lokasinya memang terletak di daerah padat dan ramai di seputaran pusat perdagangan pasar Tanah Abang tepatnya di jalan K.S. Tubun No.2-4 Jakarta Pusat. Begitu memasuki pintu gerbang maka kita akan merasakan suasana teduh dan nyaman karena halaman museum ini luas dengan pepohonan besar yang rindang. Sebuah bangunan peninggalan jaman Belanda yang megah dan artistik menjadi ruang pamer utama .
Baju Pengantin Jawa
Karya salah satu designer ternama
yang dipajang di ruang pamer museum tekstil Jakarta
Di dalamnya berisi koleksi kain tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, seperti kain batik, tenun , songket, juga hasil karya para desainer terkemuka di Indonesia bahkan baju yang dibuat dari kulit kayu pun ada di sini . Jumlah koleksi museum ini mencapai 1006 buah kain dengan motif yang beragam. Baik itu motif tradisional maupun motif kain yang sudah mengalami perkembangan dan modifikasi sesuai dengan perkembangan jaman. Selain koleksi kain, di museum ini juga terdapat koleksi peralatan tradisional tenun dan juga batik. 
Taman pewarna alam Museum Tekstil Jakarta
Di halaman belakang museum terdapat taman pewarna alam seluas kurang lebih 2000 m². Taman ini berfungsi untuk melestarikan pohon-pohon yang digunakan sebagai pewarna alami tekstil. Selain taman di sini juga terdapat rumah tradisional betawi yang merupakan bangunan baru, diperuntukkan bagi para pengunjung yang ingin mengikuti pelatihan. 
Belajar membatik di museum tekstil Jakarta
Berbagai pelatihan yang berkaitan dengan tekstil diselenggarakan di sini seperti membatik, menyulam juga melukis pada kain. Kita tinggal membayar Rp 40.000 maka sudah mendapatkan kain putih selebar saputangan dengan peralatan dan bahan membatik yang dipinjamkan. Seorang instruktur akan mengajari teknik membatik dari mulai menggambar pola hingga mewarnai kain dan hasilnya bisa kita bawa pulang. 


Anak-anak juga bisa belajar membatik
di muesum tekstil Jakarta 
Museum Wayang
Informasi tentang sejarah Museum Wayang
yang berada di depan pintu masuk 

Bangunan yang terletak di jalan Pintu Besar Utara no.27 Jakarta Barat ini atau tepatnya di sekitar taman Fatahillah Kota, dulunya merupakan Gereja tua pada jaman Belanda yang kemudian hancur karena gempa bumi kemudian dibangun kembali menjadi museum wayang ini. Sehingga tidak mengherankan kalau di halaman bagian dalam gedung ini terdapat nisan gubernur Jendral VOC Jan Pieter Zoen Coen. 
Gunungan-salah satu koleksi museum wayang
Di dalam museum terdapat berbagai koleksi aneka jenis wayang, baik itu yang berasal dari Indoneia seperti Wayang kulit, wayang golek, Patung wayang, topeng wayang, wayang beber dan lain-lain. Selain itu juga terapat koleksi wayang yang sebenarnya bentuknya lebih mirip dengan boneka dari berbagai negara yaitu dari Thailand, Suriname, Cina, Perancis, Inggris,Vietnam, India, Colombia. 
Lomba mewarnai anak-anak di museum wayang
Untuk pengunjung anak-anak pihak museum seringkali mengajak mewarnai bersama. Sayangnya acara ini baru bisa dilakukan untuk pengunjung yang datang secara rombongan. Semua peralatan mewarnai disediakan oleh pihak museum , dan bagi pemenang diberikan piagam dari museum wayang ditambah hadiah berupa komik wayang .
Patung ondel-ondel-ciri khas Jakarta
di mUseum wayang
Di museum ini juga diselenggarakan pagelaran setiap minggu ke-2, minggu ke-3 dan minggu terakhir jam 10.00-14.00 WIB. Pertunjukan ini sayang kalau dilewatkan karena Wayang Indonesia telah diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai karya masterpiece warisan dunia pada 7 Nopember 2003. 

Museum Seni Rupa Dan Keramik
Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta 
Museum ini terletak berseberangan dengan museum wayang, tepatnya di jalan Pos Kota no.2 Jakarta Barat. Bangunan yang megah bercat putih ini merupakan bangunan tua peninggalan zaman Belanda. Dulunya gedung ini bernama Raad Van Justitie yang dibangun tahun 1870. 
Salah satu ruang pamer lukisan
di museum seni rupa Jakarta
Di sana kita akan melihat koleksi seni rupa dari para seniman Indonesia sejak tahun 1800 yaitu pada masa Raden Saleh. Selain lukisan museum ini juga mempunyai koleksi patung-patung yang bercorak abstrak maupun realis seperti patung asmat dan lainnya. 

Koleksi keramik juga melengkapi ruang pamer di museum ini yang merupakan karya para perajin di berbagai daerah di indonesia juga keramik dari berbagai negara seperti Cina, Thailand, Vietnam, Jepang, Eropa sejak abad 16 sampai dengan abad 20. 
Belajar Keramik BErkelompok
Untuk menarik pengunjung pihak museum menyelenggarakan pelatihan membuat keramik. Kita bisa mengikutinya dengan membeli bahan dasar berupa tanah liat khusus keramik di sana. Dari satu kantong plastik tanah itu kita bisa bebas berkreasi. Untuk yang ingin memperdalam kerajinan ini pihak museum juga menyediakan peralatan lengkap untuk membuat keramik termasuk juga open untuk membakar. 
Dengan satu kantong tanah liat
kita bisa membuat beberapa kreasi keramik
Jadi kreasi kita bisa langsung di open dan diwarnai di sana, tapi kita baru bisa mengambilnya pada keesokan harinya. Nah untuk pemula sekali keramik hasil kreasi kita bisa langsung dibawa pulang dan dijemur di rumah, setelah itu bisa kita cat dengan corak dan warna sesuai dengan kreativitas kita.
Belajar membuat keramik bisa dilakukan
mulai dari anak-anak hingga orang tua 

Foto-foto : Koleksi Pribadi 

Ingin inspirasi destinasi menakjubkan yang lainnya di Indonesia? Silahkan mampir di Website Indonesia Travel 

Tulisan ini diikutkan dalam Wonderfull Indonesia Blogging Contest
Reaksi:
5

5 komentar:

  1. udah pernah jalan jalan belum ke pulau seribu? cobain deh jalan jalan kesana untuk info Discount Pulau Seribu, Bidadari, Pantara, Kotok, Putri, Ayer, Sepa, Jl. Lodan Timur 7, Marina Ancol, Jakarta Telp : 02168274005 / 08159977449

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Bosen ke Bogor cuma ke puncak aj? ayo kunjungi tempat pariwisata lain seperti wisata sejarah dan ilmu pengetahuan, jangan lupa juga wsata kuliner yang menyajikan kuliner khas Bogor :) tinggal lihat peta ini http://apps.cs.ipb.ac.id/pariwisata_bogor/ dan semua tempat wisata di Bogor dapat Anda temukan :D terimakasih O:)

    BalasHapus