Selasa, 08 Oktober 2013

Sepiring Selat Di Warung Unik


Selat dengan rolade daging dan telur pindang 
Warung “Selat Mbak Lies” yang buka sejak pukul 09.00 – 17.00 ini terletak di sebuah gang di daerah Serengan kota Solo. Gang masuk ke dalam rumah makan ini cukup lebar walaupun hanya bisa dimasuki oleh mobil dari satu arah saja. Sebelum memasuki warung makan, kita bisa menitipkan sepeda motor ataupun mobil di sebuah halaman yang tidak begitu luas. Tarif penitipan di sini adalah Rp 1.000 untuk sepeda motor dan Rp 2.000 untuk mobil. 
Bagian depan warung selat

Banyak public figure yang sudah datang ke warung dengan hidangan utama selat solo ini. Seperti mantan wakil presiden RI Bapak Tri Sutrisno, rekomender kuliner Pak Bondan juga Benoe Buloe serta Sastrawan Arswendo Atmowiloto. Selain itu beberapa artis yang sudah pernah ke tempat ini antara lain Parto Patrio, Shanty, Novita Angie dan masih banyak lagi. Jejak kehadiran mereka bisa dilihat dari piring-piring porselen berwarna putih yang ditempel di dinding. 
di piring ini pengunjung bisa memberikan kesan-pesan atau sekedar meninggalkan nama dan tanda tangan 
Keunikan dari rumah makan ini bukan hanya pada piring-piring yang sengaja disediakan bagi pengunjung untuk memberikan pesan dan kesan serta tanda tangan. Namun setiap elemen di rumah makan ini mempunyai banyak keunikan. Lihat saja tempat cuci tangan dari tempayan keramik Cina yang bentuknya unik dengan gayung dari batok kelapa. Belum lagi tirai dari kerang yang ada di bagian depan. Tirai kerang ini bukan hanya sebagai ornamen warung makan, tapi juga bisa dibeli oleh pengunjung yang berminat. 
kursi tempat menunggu pesanan yang akan dibawa pulang 
Tempat duduk yang disediakan berupa kursi makan dari kayu dengan meja dari porselen atau kayu. Bagi yang suka makan dengan cara lesehan, di warung ini juga menyediakan meja dari kayu yang berkaki rendah. Kursi untuk menunggu pesanan yang akan dibawa pulang juga terbuat dari kayu yang dipadu dengan besi dengan ornament yang cukup unik. 
Pelayan dan ruang  kasir 
Ada lagi keunikan yang bisa kita temui di warung Selat mbak Lies ini. Jika kita datang dihari yang berbeda, maka kita akan melihat seragam para pelayan yang berbeda-beda pula. Mbak Lies sangat rajin merawat seragam pelayannya yang jumlahnya sangat banyak juga modelnya yang sangat beragam. Selain designnya yang berbeda setiap hari, seragam para pelayan ini juga lucu dengan warna terang yang menyenangkan setiap orang yang datang berkunjung. 
Salah satu ruangan untuk makan lesehan 
Keunikan warung ini seringkali dijadikan tempat kumpul komunitas yang ada di Solo. Seringkali juga dijadikan tempat berkumpul keluarga sambil menikmati hidangan khas Solo. Namun jika kita menginginkan tempat duduk special seperti misalnya tempat duduk lesehan, maka ada baiknya jika kita menelpon terlebih dahulu untuk memesan tempat. Apalagi jika akhir minggu yaitu hari Jum’at, Sabtu dan Minggu, tempat ini sudah bisa dipastikan penuh. Akan sulit mencari tempat duduk untuk orang banyak dalam satu meja yang saling berdekatan. 
Tempat Cuci Tangan yang unik 
Awalnya usaha warung selat ini merupakan usaha rumahan yang dirintis oleh mbak Lies di depan rumahnya. Dengan semakin banyaknya tamu yang datang maka halaman rumah berikut garasi rumah ikut dijadikan tempat duduk para tamu yang menikmati hidangan selat. Bahkan rumah nenek Mbak Lies yang berada di depan warung Selat pun ikut dijadikan tempat perluasan warung selat ini. 
Salah satu minuman di warung ini, es kelapa muda dengan gula merah
Walaupun sangat ramai dan sudah dikenal banyak orang dari rekomendasi mulut ke mulut, namun Mbak Lies sebagai pemilik warung selat ini tidak membuka cabang di manapun. Sudah banyak orang yang mengajaknya bekerjasama untuk membuka cabang, namun semuanya ditolak oleh Mbak Lies. 


camilan di meja yang bisa dinikmati ketika menunggu pesanan datang
Selat Solo merupakan salah satu makanan khas Solo. Hidangan ini dulunya adalah hasil modifikasi dari beef steak yang biasanya dikonsumsi oleh orang-orang Belanda yang tinggal di Solo pada jaman penjajahan dulu. Ada juga yang menyebut selat solo ini sebagai bistik Jawa. Selat Solo awalnya memang hanya dinikmati oleh keluarga Keraton Solo. Namun seiring berkembangnya jaman hidangan ini pun menjadi hidangan yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. 


Selat Solo 
Sama dengan beef steak, isi utama dari selat solo adalah daging sapi . Hanya saja daging sapi pada selat solo ini bukan di bakar seperti beef steak pada umunya, melainkan dimasak menyerupai semur daging. Daging disajikan dengan cara diiris dengan ketebalan kurang lebih 6-8 mm dengan ukuran sekitar 15 cm x 5-7 cm. 

Dalam penyajiannya di piring dilengkapi dengan kentang goreng. Selain itu juga ada buncis dan wortel yang diiris kemudian direbus. Sayuran segar yang ditambahkan adalah irisan tomat dan daun selada. Telur rebus dan acar mentimun juga ditambahkan sebagai pelengkap. Mayonese dibuat sendiri dengan mencampurkan kuning telur yang telah dihancurkan dan mustard. 


Selat dengan telur kukus yang dicetak
Mayonese ini ditambahkan pada bagian atas bahan-bahan yang telah ditata di dalam piring. Selain sebagai penambah rasa, mayonese ini juga berfungsi sebagai pengental. Terakhir kuah yang berwarna kecoklatan dengan rasa manis disiramkan hingga menggenangi piring. Untuk mempercantik penampilan biasanya ditambahkan dengan kripik kentang. 
Es Blewah
Selat yang dijual di sini bervariasi. Ada selat dengan daging giling yang dibuat rolade. Ada juga selat dengan daging gepuk yang empuk. Telur sebagai bahan pelengkap juga divariasi. Ada telur yang dipindang hingga warnanya kecoklatan, ada juga telur yang dicetak kemudian dikukus sehingga dari bentuknya sangat menggugah selera. 
es kolak
Selain menyediakan berbagai selat solo, warung ini juga menyediakan berbagai minuman khas Solo. Seperti es degan (kelapa muda) dengan gula merah, es blewah, es kolak , es jus, es teller dan berbagai jenis minuman segar lainnya. Di setiap meja disediakan camilan khas Solo seperti sosis solo, lemper, arem-arem, kroket, pisang rebus, martabak mini, tape goreng dan masih banyak lagi. Camilan ini cocok disantap untuk mengganjal perut sebelum makanan yang kita pesan datang. Semua makanan dan minuman yang ada di warung ini dijual dengan harga yang relative terjangkau yaitu antara Rp 1.000 sampai dengan Rp. 10.000 

Warung Selat Mbak Lies 
Serengan Gang II/42, Serengan, Solo Jawa Tengah 
Telp : 0271-653332
Reaksi:
6

6 komentar:

  1. Saya baru tahu jenis makanan ini mbak, tapi kayanya yummy banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener mbak Heni Puspita ......... selain yummy juga murah meriah :)

      Hapus
    2. pancen uenak mbak,sueger lan mantaft

      Hapus
  2. waah, boleh niy ntar ke solo mampir ksini.. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati-hati lho mbak Rika nanti bisa nambah dan nambah lagi ... hehhehhee

      Hapus